Septiani, Muna Dwi (2019) PENINGKATAN LITERASI IPA MELALUI PEMBELAJARAN NHT (Numbered Head Together) (Siswa Kelas III SDN Bojong 1 Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0185_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0185_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0185_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0185_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0185_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pebelajaran bagaimana
meningkatkan Ilmu pengetahuan Alam pada siswa mada materi gerak benda kelas
III SDN Bojong 1Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Jenis Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dilakukan secara
kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III yang terdiri
dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri empat
yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindalkan, refleksi, dan evaluasi. Pengumpulan
data menggunakan observasi, pre tes, dan tes hasil belajar. Indikator dalam
keberhasilan penelitian ini adalah tercapainnya kriteria ketuntasan minimal
(KKM) sebesar 80,3 untuk materi gerak benda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooeratif tipe
NHT dapat meningkatkan pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam pada siwa kelas
III SD Negeri Bojong Hal ini dibuktikan dengan hasil pada siklus I mencapai
72,25 maka diperlukan siklus II dengan hasil 80,3. Indikator keberhasilan
penelitian ini telah tercapai ditunjukkan dengan hasil belajar materi gerak benda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT
(Numbered Head Together) dapat meningkatkan belajar siswa pada materi gerak
benda.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ari Suptiyatno M.Si (0618128801) dan Ela Minchah L.A M.Psi.Psi (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Head Together)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:20
Last Modified: 18 Jan 2020 02:20
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item