Mustikasari, Desinta Wahyu (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN BERBASIS MI (MULTIPLE INTELLIGENCE) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN (Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri Tanggulrejo 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.147_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.147_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.147_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.147_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.147_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain
peran berbasis MI (Multiple Intelligence) terhadap karakter sopan santun pada
siswa kelas IV di SD Negeri Tanggulrejo 1, kecamatan Tempuran, kabupaten
Magelang.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu
(Quasi Eksperimental Design) dengan model Non Equivalent Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri
Tanggulrejo 1 Tempuran dengan jumlah Sampel 51 siswa, terdiri dari 26 siswa
kelompok eksperimen dan 25 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi karakter sopan
santun. Uji validitas instrumen angket dan observasi karakter sopan santun
menggunakan rumus product moment sehingga uji reliabilitas menggunakan
rumus Croanbach Alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik
yaitu uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran berbasis MI
(Multiple Intelligence) berpengaruh positif terhadap karakter sopan santun. Hal
ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada kelompok
eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 dan t hitung
7,966 pada angket dan 17,536 pada lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata angket karakter sopan santun
antara kelompok eksperimen yaitu 86,08 dan kelompok kontrol sebesar 76,44
serta perbedaan nilai rata-rata lembar observasi antara kelompok eksperimen
yaitu 52,19 dan kelompok kontrol sebesar 38,92. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran berbasis MI (Multiple
Intelligence) berpengaruh positif terhadap karakter sopan santun.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Galih Istiningsih, M.Pd. (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Karakter Sopan Santun, Metode Bermain Peran, MI (Multiple Intelligence)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:19
Last Modified: 19 Feb 2025 07:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item