Mustikasari, Desinta Wahyu (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN BERBASIS MI (MULTIPLE INTELLIGENCE) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN (Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri Tanggulrejo 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.147_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (735kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.147_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.147_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.147_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.147_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (358kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain
peran berbasis MI (Multiple Intelligence) terhadap karakter sopan santun pada
siswa kelas IV di SD Negeri Tanggulrejo 1, kecamatan Tempuran, kabupaten
Magelang.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu
(Quasi Eksperimental Design) dengan model Non Equivalent Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri
Tanggulrejo 1 Tempuran dengan jumlah Sampel 51 siswa, terdiri dari 26 siswa
kelompok eksperimen dan 25 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi karakter sopan
santun. Uji validitas instrumen angket dan observasi karakter sopan santun
menggunakan rumus product moment sehingga uji reliabilitas menggunakan
rumus Croanbach Alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik
yaitu uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran berbasis MI
(Multiple Intelligence) berpengaruh positif terhadap karakter sopan santun. Hal
ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada kelompok
eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 dan t hitung
7,966 pada angket dan 17,536 pada lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata angket karakter sopan santun
antara kelompok eksperimen yaitu 86,08 dan kelompok kontrol sebesar 76,44
serta perbedaan nilai rata-rata lembar observasi antara kelompok eksperimen
yaitu 52,19 dan kelompok kontrol sebesar 38,92. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran berbasis MI (Multiple
Intelligence) berpengaruh positif terhadap karakter sopan santun.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Galih Istiningsih, M.Pd. (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Karakter Sopan Santun, Metode Bermain Peran, MI (Multiple Intelligence) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:19 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:41 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |