Astuti, Ika Nur‟aini Juni (2019) EFEKTIVITAS REINFORCEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0021_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0021_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0021_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0021_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0021_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya efektivitas konseling
kelompok teknik “reinforcement” untuk mengurangi perilaku menyontek.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Mertoyudan
tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel
yang diambil sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data menggunakan monitoring.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dapat dilihat
dari penurunan grafik dengan berdasarkan pada kriteria (frekuensi)
menyontek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik
“reinforcement” efektif untuk mengurangi perilaku menyontek. Hal ini
dibuktikan dengan adanya perbedaan antara monitoring sebelum dan sesudah
konseling kelompok. Hasil monitoring sebelum konseling kelompok
frekuensi menyontek tertinggi 7 (kategori tinggi) dan frekuensi menyontek
terendah 4 (kategori sedang). Hasil monitoring sesudah konseling kelompok
frekuensi menyontek menjadi berkurang yaitu tertinggi 3 (kategori sedang)
dan frekuensi menyontek terendah 2 (kategori rendah). Semakin rendah
frekuensi menyontek maka pemahaman dampak perilaku menyontek semakin
meningkat. Hal ini membuktikan bahwa teknik “reinforcement” dalam
konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku menyontek.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd. (0028036001) dan Hijrah Eko Putro, M. Pd. (0626098401)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Reinforcement, Perilaku Menyontek Pada Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:19
Last Modified: 06 Feb 2025 06:56
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item