Nugroho, Ahmad Maftuh Wahyu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Grabag 1 Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0048_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0048_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0048_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0048_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0048_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Snowball Throwing terhadap peningkatan Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri Grabag 1.
Penelitian merupakan jenis penelitian Eksperimen dengan model Quasi
Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Grabag 1. Subjek
penelitian dipilih secara sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 50 siswa
yakni yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa dari kelas kontrol.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes.Uji validitas instrumen
tes menggunakan tenik korelasi product moment dengan bantuan komputer
program IBM SPSS 22. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik uji-t (Independent
Sample T-test) menggunakan IBM SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball
Throwing berpengaruh poistif dengan Prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dari
hasil analisis Uji Independent Sample T-test pada kelas eksperimen dengan
probabilitas nilai sig(2-tailed) 0,02 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pada pengukuran akhir atau
posttest prestasi belajar antara kelas eksperimen sebesar 81,52 dan kelas kontrol
sebesar 76,48. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh positif terhadap terhadap
peningkatan Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil M.Pd.,Kons. (0008015701) dan Dhuta Sukmarani. M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:18
Last Modified: 24 Feb 2025 01:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item