Dianti, Seviana (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PANCA INDERA MANUSIA Penelitian pada siswa kelas 4 SD Negeri Tidar 3 (Penelitian Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tidar 3 Kota magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (613kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0013_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (446kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif
picture and picture terhadap peningkatan hasil belajar IPA pada panca indera
manusia siswa kelas IV SD Negeri Tidar 3 kota Magelang.
Desain penelitian ini adalah Pre-EksperimentalOne Group Pretest
Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Tidar 3 kota
Magelang sedangkan subjek penelitian dipilih menggunakan teknik sampling
jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 29 siswa dengan 7 siswa laki-laki dan 12
siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Uji
validasi instrumen tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS
for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan teknik analisis non parametrik yaitu uji
Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukan pembelajaran aktif picture andpicture
berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA pada panca indera manusia. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen dengan
nilai Asymp Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan
terdapat perbedaan skor rata-rata pretest 56,55 dan skor rata-rata posttest 80,86.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran aktif
picture and picture berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. (0008015701) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif Picture and Picture, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:17 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 07:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |