Nisak, Evi Choirun (2019) UPAYA MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN PROVIDE RELEVANT AND CONTEXTUALLIZED SUBJECT MATTER (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 di SD Negeri Blondo 3 Mungkid Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_BAB I_ BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (849kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (83kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Card Sort dengan
Provide Relevant and Contextuallized Subject Matter dapat meningkatkan Civic
Knowledge siswa kelas IV SD Negeri Blondo 3, Mungkid, Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi.
Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan 8 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan
melalui observasi, tes dan wawancara. Data diperoleh melalui soal tes pada data
tes, lembar wawancara pada data wawancara dan lembar observasi pada data
observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran Card Sort pada
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan aktivitas dan
Civic Knowledge siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari
persentase aktivitas belajar siswa, siklus I dengan kategori baik dan siklus II
dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebanyak 7
orang siswa dengan kategori baik dan ketuntasan 41,17% dan siklus II mengalami
peningkatan menjadi 17 orang siswa dengan kategori sangat baik dan ketuntasan
100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Card Sort mudah
diterapkan oleh guru, dibuktikan dengan adanya peningkatan Civic Knowledge
siswa. Nilai Civic Knowledge siswa siklus I dengan kategori kurang baik dan baik
sedangkan siklus II dengan kategori baik dan sangat baik. Selain meningkatkan
Civic Knowledge, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam proses
pembelajaran dalam kelas.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi (0614107401) dan Septiyati Purwandari, M.Pd (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Card Sort, Civic Knowledge, Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:16 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 06:57 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |