Nisak, Evi Choirun (2019) UPAYA MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN PROVIDE RELEVANT AND CONTEXTUALLIZED SUBJECT MATTER (Penelitian Pada Siswa Kelas 4 di SD Negeri Blondo 3 Mungkid Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_BAB I_ BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0068_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0068_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0068_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0068_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Card Sort dengan
Provide Relevant and Contextuallized Subject Matter dapat meningkatkan Civic
Knowledge siswa kelas IV SD Negeri Blondo 3, Mungkid, Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi.
Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan 8 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan
melalui observasi, tes dan wawancara. Data diperoleh melalui soal tes pada data
tes, lembar wawancara pada data wawancara dan lembar observasi pada data
observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran Card Sort pada
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan aktivitas dan
Civic Knowledge siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari
persentase aktivitas belajar siswa, siklus I dengan kategori baik dan siklus II
dengan kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebanyak 7
orang siswa dengan kategori baik dan ketuntasan 41,17% dan siklus II mengalami
peningkatan menjadi 17 orang siswa dengan kategori sangat baik dan ketuntasan
100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Card Sort mudah
diterapkan oleh guru, dibuktikan dengan adanya peningkatan Civic Knowledge
siswa. Nilai Civic Knowledge siswa siklus I dengan kategori kurang baik dan baik
sedangkan siklus II dengan kategori baik dan sangat baik. Selain meningkatkan
Civic Knowledge, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam proses
pembelajaran dalam kelas.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi (0614107401) dan Septiyati Purwandari, M.Pd (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Card Sort, Civic Knowledge, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:16
Last Modified: 21 Feb 2025 06:57
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item