Cahyani, Novi Dwi (2019) PENGARUH QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN SATUAN PANJANG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Ringinanom kecamatan Tempuran kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quantum Learning
dengan media Papan Satuan Panjang terhadap peningkatan hasil belajar
Matematika siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Ringinanom kecamatan
Tempuran kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-
Experimental Designs tipe One Group Pretest Posttest design. Quantum
Learning dengan media Papan Satuan Panjang diterapkan pada siswa kelas 4 B
SD N Ringinanom 1 yang berjumlah 26 siswa. Subjek penelitian dipilih secara
Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes.
Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan
bantuan komputer program IMBSPSS versi 23.00 for windows. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan Uji Non Parametik dengan Uji Wilcoxon dengan bantuan komputer
program IMBSPSS versi 23.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan diperoleh hasil rata-rata pretest 50,76 dan
hasil rata-rata posttest 79,53. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah
0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quantum Learning
dengan media Papan Satuan Panjang berpengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar Matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ari Suryawan, M. Pd. (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning , Hasil Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:12 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:28 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |