Cahyani, Novi Dwi (2019) PENGARUH QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN SATUAN PANJANG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IVB SD Negeri Ringinanom kecamatan Tempuran kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0058_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0058_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0058_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0058_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quantum Learning
dengan media Papan Satuan Panjang terhadap peningkatan hasil belajar
Matematika siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Ringinanom kecamatan
Tempuran kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-
Experimental Designs tipe One Group Pretest Posttest design. Quantum
Learning dengan media Papan Satuan Panjang diterapkan pada siswa kelas 4 B
SD N Ringinanom 1 yang berjumlah 26 siswa. Subjek penelitian dipilih secara
Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes.
Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan
bantuan komputer program IMBSPSS versi 23.00 for windows. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan Uji Non Parametik dengan Uji Wilcoxon dengan bantuan komputer
program IMBSPSS versi 23.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan diperoleh hasil rata-rata pretest 50,76 dan
hasil rata-rata posttest 79,53. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah
0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quantum Learning
dengan media Papan Satuan Panjang berpengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ari Suryawan, M. Pd. (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning , Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:12
Last Modified: 07 Feb 2025 02:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1296

Actions (login required)

View Item View Item