Rismiyatun, Rismiyatun (2019) PENGARUH METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW DENGAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0065_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (506kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0065_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0065_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0065_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0065_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (158kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey
Question Read Recite Review (SQ3R) dengan media kartu gambar seri terhadap
keterampilan membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Sawitan
Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain
Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara
nonprobability sampling. Sampel yang diambil sebanyak 36 siswa dengan kelas II
A sebagai kelompok kontrol dan kelas II B sebagai kelompok eksperimen.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji
validitas instrumen soal tes dengan menggunakan rumus product moment,
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha, uji tingkat
kesukaran soal dan uji daya pembeda dengan bantuan program IBM SPSS for
Windows versi 23.00.Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji
Independent Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS for Windows
versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R berbantuan media
kartu gambar seri berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan.
Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Independent Sample T-Test diperoleh
hasil thitung>ttabelyaitu (2.632>2,032) untuk aspek kognitif (tes) sedangkan
thitung>ttabel yaitu (5.396>2,032) untuk aspek psikomotorik (observasi). Hasil ratarata
setiap indikator aspek psikomotorik kelompok kontrol mencapai 61,6 %,
sedangkan kelompok eksperimen lebih tinggi mencapai 80,6%, artinya berhasil.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata
yang signifikan antara kelompok eksperimen sebesar 84 dan kelompok kontrol
sebesar 79,5. Kesimpulnya bahwa penggunaan metode SQ3R berbantuan media
kartu gambar seri berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R), Media Kartu Gambar Seri, Keterampilan Pembaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 02:11 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 02:11 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |