Wardani, Retno Wahyu (2019) PENGARUH STRATEGI BELAJAR PQ4R DENGAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR UNGGAH-UNGGUH ( Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kowangan, Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0082_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0082_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0082_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0082_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0082_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar PQ4R
(preview,question, read, reflect, recite and review) terhadap hasil belajar bahasa
jawa siswa kelas IV SD Negeri Kowangan, Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi
Eksperimental design type nonequivalent control group design dengan satu
macam perlakuan yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel
yang diambil sebanyak 46 siswa, 23 siswa merupakan kelas kontrol dan 23 siswa
merupakan kelas eksperimen. Adapun teknik pengambilan sampel data
menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji
validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment
sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan
program IBM SPSS 25.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis. Teknik analisis data menggunakan uji One Way
Anova dengan bantuan program IBM SPSS 25.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi belajar PQ4R berbantuan
media flip chart berpengaruh positif terhadap hasil belajar unggah-ungguh bahasa
jawa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji One Way Anova dengan nilai sig (2-
tailed) 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar
77,61 dan kelompok kontrol sebesar 68,70. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar PQ4R dengan media flip chart
berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., (0012096606) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: strategi belajar PQ4R, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:10
Last Modified: 18 Jan 2020 02:10
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item