Anggraeni, Aprilia Galuh (2019) PENGARUH ACTIVE LEARNING BERBASIS MOTEJA (MONOPOLI TEBAKAN JAWA) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Rejowinangun Selatan Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0066_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0066_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Active Learning berbasis media Moteja terhadap hasil belajar Bahasa Jawa kelas
III Sekolah Dasar Negeri Rejowinangun Selatan Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dengan desain
Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Sampel dipilih dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas III SDN Rejowinangun Selatan Magelang. Penelitian ini menggunakan 2
kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III SDN Rejowinangun
Selatan 4 sebagai kelas eksperimen (24), kelas III SDN Rejowinangun Selatan 3
sebagai kelas kontrol (24). Analisi data meliputi uji validitas, normalitas,
homogenitas, dan uji-t teknik Independent Samples Test dengan bantuan program
SPSS 25.
Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran
Active Learning berbasis Moteja terhadap hasil belajar Bahasa Jawa siswa kelas
III di SDN Rejowinangun Selatan Magelang. Hasil penelitian menunjukkan Sig.
(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 (terdapat pengaruh) . Berdasarkan hasil analisi dan
pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar kelas ekspermen
sebesar 7,7 dan kelas kontrol sebesar 6,5.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd., Kons (0627057501) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, hasil belajar, bahasa jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 02:09
Last Modified: 05 Feb 2025 01:46
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item