Pangastuti, Zulhijjah Budi (2019) PENGARUH METODE BERCERITA BERBASIS MEDIA WAYANG KARDUS TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Pager Bateh Kecamatan Candimulyo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0163_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (842kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0163_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0163_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0163_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0163_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita
berbasis media wayang kardus terhadap sikap peduli lingkungan kelas II SD
Negeri Pager Bateh Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest
design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Pager
Bateh Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang yang berjumlah 31 siswa.
Subjek penelitian dipilih secara total sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan
sampel. Seluruh siswa kelas II dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang
dikenai metode pembelajaran bercerita dengan media wayang kardus. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi, teknik
pengolahan data menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test
dengan bantuan program SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita berbasis media
wayang kardus berpengaruh secara positif terhadap sikap peduli lingkungan siswa
kelas II Sekolah Dasar Negeri Pager Bateh, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten
Magelang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan sikap peduli lingkungan
siswa pada pengukuran awal dan pengukuran akhir setelah diberikan metode
bercerita berbasis media wayang kardus dengan Zscore -4,880b.. Hasil tersebut
membuktikan bahwa pemberian treatment dengan menggunakan metode bercerita
berbasis media wayang kardus, memiliki pengaruh secara positif terhadap sikap
peduli lingkungan siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Lilis Madyawati, M.Si. s(0007096412) dan Dhuta Sukmarani, M.Pd. (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita Berbasis Media Wayang Kardus, Sikap Peduli Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 02:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:44 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |