Waryati, Ari (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SDN Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0306.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0306.0046_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0306.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0306.0046_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0046_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran
Outdoor Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Siswa Kelas 3 SDN Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental Design)
dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih
secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes hasil belajar sebanyak
25 butir soal pilihan ganda. Uji validitas instrumen soal tes hasil belajar dengan
menggunakan rumus product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus
cronbach alpha, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda dengan bantuan
program SPSS for Windows versi 22.00. Analisis data menggunakan teknik
statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for
Windows versi 22.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Outdoor
Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dari hasil
analisis Uji Wilcoxon diperoleh hasil Z score = 4,380 > 0,135 dan Asymp. Sig. (2-
tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara rata-rata
posttest sebesar 76,48 dan rata-rata pretest sebesar 54,56. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Outdoor Learning
berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPS

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Ahmad Syarif, M.Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 06 Jan 2020 01:32
Last Modified: 06 Jan 2020 01:32
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item