Prahasitha, Cendana Ajining (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA FINGER DOLL KARAKTER (Penelitian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kaliabu Salaman Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0126_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0126_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0126_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0126_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0126_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui
media finger doll karakter siswa kelas II SD Muhammadiyah Kaliabu Salaman
Magelang.
Pada penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian
adalah 13 siswa SD Muhammadiyah Kaliabu. Finger doll karakter yang dilakukan
terintegrasi menggunakan metode role playing. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data dilakukan
melalui deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam
penelitian ini adalah 75% siswa tuntas KKM yaitu dengan nilai 70.
Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran finger doll karakter
dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut terbukti dari
adanya peningkatan keterampilan berbicara dari prasiklus keterampilan berbicara
siswa sebesar 56,23, meningkat pada siklus I menjadi 74,76, dan pada siklus II
meningkat lagi menjadi 89,76. Selain itu, siswa dapat mencapai tiga indikator
yaitu siswa mampu berbicara dengan lafal dan intonasi yang jelas, siswa mampu
mengungkapkan kalimat dengan lancar, dan siswa mampu membentuk kalimat
secara runtut dengan kosakata yang tepat. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa media finger doll karakter dapat meningkatkan keterampilan berbicara
pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Kaliabu.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Aggristo Bintang A.P, M.Pd. (0605078801)
Uncontrolled Keywords: media finger doll karakter, keterampilan berbicara, PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:50
Last Modified: 25 Feb 2025 06:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item