Anindita, Dea (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Jurangombo 1). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0120_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (942kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0120_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0120_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0120_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0120_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
pembelajaran Make a Match menggunakan media flashcard terhadap
peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris pada siswa kelas V SD Negeri
Jurang Ombo 1 Magelang.
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan
penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu
terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awal-tes
akhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Jurangombo 1
Magelang sebanyak 29 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes berbentuk pilihan ganda. Uji instrumen pada penelitian ini yang
divalidasi melalui expert judgment. Sedangkan uji reliabilitas pada penelitian ini
menggunakan rumus Cronbach’s Alpa. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji
nomalitas, uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic
parametric yaitu Uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for
Windows versi 23.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan
pembelajaran Make a Match menggunakan media flashcard terhadap
peningkatan penguasaan kosakata bahasa inggris pada siswa kelas V SD Negeri
Jurang Ombo 1 Magelang. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil perbedaan
dari pengukuran awal rata-rata 64,14, selanjutnya setelah diberikan perlakuan
dan dilakukan pengukuran kembali diperoleh rata-rata 81,59. Maka di peroleh
selisih dari pretest dan posttest 17,45. Hasil analisis Uji Paired Sample T-Test
dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05. Kesimpulan hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match
menggunakan media flashcard berpengaruh positif terhadap peningkatan
penguasaan kosakata bahasa inggris.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Agrissto Bintang AP, M.Pd 0605078801( |
Uncontrolled Keywords: | make a match, flashcard, peningkatan, kosakata, bahasa inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 02 Jan 2020 04:20 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 06:26 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |