Nugraheni, Luki Nastiti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Bansari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0076_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (732kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0076_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0076_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0076_FULL TEXT...pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0076_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (146kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Coopertive
Script terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III Sekolah Dasar
Negeri 2 Bansari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung.
Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis pre-eksperimental
design dan model eksperimen one group pretest posttest design sedangkan
instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar tes lisan. Populasi
penelitian ini adalah 24 siswa kelas III Sekolah dasar Negeri 2 Bansari Kecamatan
Bulu Kabupaten Temanggung. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
III Sekolah dasar Negeri 2 Bansari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung
tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 24 subyek, teknik sampling dalam
penelitian ini menggunakan sampling jenuh, sedangkan analisis data
menggunakan teknik statistik non-parametrik yaitu dengan Uji Peringkat
Bertanda Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Script berpengaruh
dalam keterampilan berbicara di Sekolah Dasar Negeri 2 Bansari, Kecamatan
Bulu, Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut terbukti
adanya kenaikan rata-rata nilai pengukuran awal (pretest) 62,50 menjadi 67, 96
pada nilai rata-rata pengukuran akhir (posttest) dengan selisish 5,46 dan Asym
sign = 0,002 < α = 0,005 dengan nilai Z = -3,066. Artinya bahwa hipotesis yang
menyatakan bahwa : “Model Cooperative Script berpengaruh terhadap
keterampilan berbicara” dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Simpulan
penelitian ini adalah model Coopertive Script berpengaruh terhadap keterampilan
berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Guru kelas III dapat
memanfaatkan model Cooperative Script sebagai salah satu alternatif model
dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek berbicara untuk meningkatkan
keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, model
Cooperative Script berpengaruh terhadap keterampilan berbicara.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. (0007096412) dan Arif Wiyat Purnanto M.Pd. (0624118801) |
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Script, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 02:09 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 08:03 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |