Syulviana, Novera (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GERBONG KERETA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Tegalarum, Borobudur, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0121_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (794kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0121_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0121_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0121_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0121_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (574kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika
materi pecahan dengan menggunakan media Gerbong Kereta pada siswa kelas IV
SDN Tegalarum, Borobudur, Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian dari model Kemmis & Mc. Taggart dalam 2 siklus yang terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian
ini adalah siswa kelas IV SDN Tegalarum, Borobudur, Kabupaten Magelang
dengan jumlah 25 siswa terdiri dari 8 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki.
Objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar Matematika materi pecahan
melalui penggunaan media Gerbong Kereta. Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan lembar
pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Gerbong Kereta
dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika materi pecahan
pada siswa kelas IV SDN Tegalarum, Borobudur, Kabupaten Magelang. Hal itu
dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa, nilai rata-rata kelas dan peningkatan
persentase ketuntasan. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) pada pretest sebesar 4% dengan rata-rata kelas 48,40, meningkat pada
siklus I sebesar 32% dan rata-rata kelas 60,45, meningkat pada siklus II sebesar
80% dengan rata-rata kelas 80,10.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Pd, (0012045601) dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd, (0605078801) |
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, pecahan, media Gerbong Kereta |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 28 Dec 2019 02:08 |
Last Modified: | 28 Dec 2019 02:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |