Wianta, Haides Liza (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA WAYANG KOPRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kwadungan Gunung Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0036_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0036_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0036_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0036_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0036_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (852kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Two Stay Two Stray dengan media Wayang Kopri terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran IPS pada kelas V SD Negeri 1 Kwadungan Gunung, Kecamatan
Kledung, Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs,
khususnya pola One Group Pre Test -Post Test Design. Model pembelajaran Two
Stay Two Stray dengan media Wayang Kopri terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS pada kelas V SD Negeri 1 Kwadungan Gunung yang berjumlah 23
siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan
data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik
dengan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two
Stray dengan media Wayang Kopri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS. Dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata post test
dibandingkan nilai rata-rata pre test. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-
tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media Wayang Kopri berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan M.A. Noviudin Pritama, M.Pd (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajara Two Stay Two Stray dengan Media Wayang Kopri, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:06
Last Modified: 28 Dec 2019 02:06
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item