Saputra, Raditya Bayu (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DAN GAME ONLINE DENGAN KARAKTER SOSIAL (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (834kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0113_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0113_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0113_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0113_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara
penggunaan gadget dan game online dengan karakter sosial siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan
Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan melibatkan tiga
variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Penggunaan
gadget sebagai variabel bebas pertama, penggunaan game online sebagai variabel
bebas kedua, dan karakter sosial sebagai variabel terikat. Jumlah populasi seluruh
siswa SD Negri kelas V se-Gugus Ki Hajar Dewantoro di Kecamatan Mertoyudan
Kabupaten Magelang sebanyak 239 dan sampel penelitian berjumlah 2 sekolah
yaitu SD Negeri Pasuruhan 2 dan SD Negeri Soroyudan dengan jumlah 72 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat hubungan antara
penggunaan gadget dengan karakter sosial, dengan nilai r sebesar 0,026 dan
persentase hubungan sebesar 19%. 2) Terdapat hubungan antara penggunaan
game online dengan karakter sosial, dengan nilai r sebesar 0,050 dan persentase
hubungan sebesar 0,3%. dan 3) Terdapat hubungan antara penggunaan gadget dan
game online dengan karakter sosial siswa, dengan nilai r sebesar 0,076. dan
persentase hubungan sebesar 10,6%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan negatif dan signifikan antara penggunaan gadget dan game
online dengan karakter sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan
Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, penggunaan game online, karakter sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:04
Last Modified: 28 Dec 2019 02:04
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item