Nurmala, Dita Maharani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN ISI DONGENG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD N Soroyudan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0111_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0111_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0111_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0111_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0111_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Example Non Example terhadap pemahaman isi dongeng pada siswa kelas II
Sekolah Dasar Negeri Soroyudan, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan
model Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil sebanyak 46
siswa yang terdiri dari 23 siswa kelompok eksperimen dan 23 kelompok kontrol.
Metode pengumpulan data ini menggunakan tes. Validitas instrumen tes
menggunakan uji validitas sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach
Alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik yaitu uji One Way Anova dengan bantuan program
SPSS for Windows versi 24.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non
Example berpengaruh positif terhadap pemahaman isi dongeng. Hal ini dibuktikan
dari uji One Way Anova dengan nilai signifikansi 0,05 diperoleh nilai Fhitung
14,710 > Ftabel (3;88). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran Example Non Example berpengaruh positif terhadap
pemahaman isi dongeng pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., (0012096606) dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Example Non Example, Pemahaman siswa, Isi dongeng siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:03
Last Modified: 24 Feb 2025 02:32
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item