Nursaida, Anisa (2019) ANALISIS KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian pada SD Negeri Tanjung Kecamatan Muntilan). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0012_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0012_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam
mengadakan variasi pembelajaran dan hasil belajar siswa di SD Negeri Tanjung
Kecamatan Muntilan dan mengetahui factor yang mempengaruhi guru dalam
mengadakan variasi pembelajaran
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan
model deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, 3 guru dan 9
siswa di SDN Tanjung Kecamatan Muntilan. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan metode cara wawancara, observasi dan dokumentasi
yang telah divalidasi oleh validator ahli. Uji keabsahan data yang digunakan oleh
peneliti adalah trianggulasi sumber, metode, ketekunan pengamatan dan bahan
referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keterampilan guru dalam
mengadakan variasi pembelajaran di SDN Tanjung cukup baik yaitu sebesar 68%..
Berdasarkan hasil analisis, guru di SDN Tanjung masih belum merencakan
pembelajaran yang bervariasi, menggunakan metode konvensional dengan kegiatan
yang monoton dan penggunaan media yang belum maksimal. Hal ini dikarenakan
terdapat faktor yang menghambat guru untuk menerapkan keterampilan variasi
pembelajaran. Faktor yang menghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran
yang bervariasi adalah: (1) Waktu dan pengalaman guru (2) karakter siswa (3)
kegiatan untuk meningkatkan kualitas guru (5) kesejahteraan guru yang belum
diperhatikan oleh pemerintah.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si (0012045601) dan Ari Suryawan, M.Pd., (0618128801)
Uncontrolled Keywords: keterampilan variasi, variasi pembelajaran, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:02
Last Modified: 24 Feb 2025 02:56
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item