Rohmah, Miftahur (2019) IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT PADA KURIKULUM 2013 (Studi Deskriptif Pada Kelas IV SD Negeri Watukumpul, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0140_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0140_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0140_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0140_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0140_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi authentic
assessment, kendala dalam implementasi authentic assessment, ketercapaian
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas IV SDN Watukumpul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
yaitu guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data dianalisa
melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Authentic assessment telah mencakup
penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi
sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan
jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan mengunakan teknik tes tertulis, tes
lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik
penilaian kinerja/praktik/unjuk kerja dan produk. 2) Kendala dalam implementasi
authentic assessment yaitu internal dan eksternal. Kendala internal yang dihadapi
meliputi kemampuan guru, keterbatasan waktu, dan partisipasi siswa, sedangkan
kendala eksternal terbesar yang dihadapi yaitu partisipasi orangtua. 3)
Ketercapaian aspek afektif pada tingkatan karakterisasi berdasarkan nilai dengan
75% siswa sudah berperilaku sesuai indikator penilaian. Kognitif pada tingkatan
mengevaluasi dengan 46,87% berpredikat cukup. Psikomotorik kongrit pada
tingkatan presisi dengan 40,62% berpredikat baik. Psikomotorik abstrak pada
kemampuan mengkomunikasikan dengan 50% berpredikat baik. Berdasarkan
hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa authentic assessment di kelas IV
berjalan dengan baik, sesuai prosedur namun masih mengalami kendala internal
dan eksternal. Ketercapaian aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik berada di
kategori baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. H. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd (0605078801)
Uncontrolled Keywords: authentic assessment, kurikulum 2013, taksonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:00
Last Modified: 28 Dec 2019 02:00
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item