Anisah, Anisah (2019) DINAMIKA IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI SEKECAMATAN MUNTILAN (Penelitian Pada Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0021_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (286kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika implementasi Gerakan
Literasi Sekolah di SD Negeri sekecamatan Muntilan yang meliputi 1) Kesadaran
literasi guru, 2) Perilaku membaca siswa dan 3) Implementasi Gerakan Literasi
Sekolah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian ini adalah 5 kepala sekolah, 5 guru, 20 siswa dengan menggunakan
teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan trianggulasi sumber dan
trianggulasi teknik. Data yang diperolah dianalisis secara interaktif yang terdiri
dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan dan dianalisis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kesadaran literasi guru belum
maksimal sehingga implementasi GLS belum diterapkan 2) Perilaku baca siswa
mayoritas masuk dalam kategori Traditional Intruction (membaca dengan
dikaitkan materi akademik), sehingga budaya literasi siswa belum terbentuk 3)
Implementasi GLS baru diterapkan pada minoritas SD Negeri di kecamatan
Muntilan. Adapun faktor penghambat yang menyebabkan kondisi ini terjadi
adalah 1) Guru belum memiliki semangat/motivasi sebagai pembaca sehingga
update untuk literasi informasi belum dimaksimalkan2) Siswa kekurangan figure
pembaca dari keluarga sehingga minat membaca rendah 3) Siswa telah kecanduan
gawai 4) Sosialisasi GLS belum mendalam dan tidak disertai pelatihan dan
pendampingan. Sedangkan faktor pendukung implementasi GLS adalah program
sekolah adiwiyata yang dilakukan di mayoritas SD dimana program yang
dilakukan sejalan dengan tujuan GLS, namun belum dimanfaatkan oleh sekolah.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd., (0028036001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd., (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Kesadaran Literasi Guru, Perilaku membaca siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 04:07 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 07:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |