Ariyanti, Ine Dwi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA PAPAN BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Candimulyo 2 Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (738kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0166_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kontekstual dengan media papan bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas II Sekolah Dasar Negeri Candimulyo 2.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental dengan
menggunakan desain one group pretest-posttest. Pretest digunakan untuk
mengetahui hasil belajar Matematika sebelum diberikan perlakuan sedangkan
Posttest dilakukan setelah pemberian perlakuan model pembelajaran kontekstual
dengan media papan bilangan. Subyek penelitian dipilih menggunakan teknik
sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 30 orang siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes. Uji validitas
instrumen soal tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows
versi 23.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan
uji tingkat kesukaran soal. Analisis data menggunakan teknik statistik non
parametrik yaitu uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi
23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dengan
media papan bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika
siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig.
(2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 dan Z skor sebesar -4,546. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar matematika yaitu
nilai pretest sebesar 68,84 dan posttest 81,2. Hasil dari penelitian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan media
papan bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual, Media Papan Bilangan, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 04:03 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:18 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |