Saputra, Fajar Ardi (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGANMEDIA CIRCLEPICTURE SERIES (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI ( Penelitian Pada Siswa Kelas 5 di SD Negeri Blondo 3 Kabupaten Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0131_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0131_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0131_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0131_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0131_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (802kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan
narasi siswa kelas V A SDNegeri Blondo 3 Mungkid Kabupaten Magelang
melalui penerapan pembelajaran aktif dengan media Circle Picture Series (CPS).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan
subjek penelitian siswa kelas V A SDNegeri Blondo 3 Mungkid Kabupaten
Magelang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus
dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Taggart melalui 3 tahapan
yaitu rencana, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi guru dan siswa dan tes.
Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis
hasil observasi sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian
menulis karangan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif dengan
media CPS dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas
V SDNegeri Blondo 3 Mungkid Kabupaten Magelang. Peningkatan keterampilan
menulis siswa dapat terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran. Hal ini
ditunjukkan dengan siswa menjadi lebih aktif dalam mencari informasi dan
mengemukakan pendapat untuk bekal menulis karangan narasi. Siswa dapat
membuat karangan narasi dengan baik. Siswa juga menjadi lebih berani
membacakan hasil karangan di depan kelas, sehingga tercipta pembelajaran yang
aktif, kreatif dan menyenangkan. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis
karangan narasi pada kondisi awal sebesar 64,41% pada siklus I meningkat
menjadi 69,28%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan
menjadi 80,69%. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada
siklus I sebesar 28,12%, siklus I 59,37%, sedangkan pada siklus II meningkat
sebesar 100%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si., (0012045601) dan Rasidi, M.Pd., (0620098801)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan narasi, pembelajaran aktif, media CPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:38
Last Modified: 26 Dec 2019 03:38
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item