Santika, Nita Desi (2019) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0106_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0106_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0106_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0106_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0106_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (341kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model group
investigation berbantuan media video terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V
SD Negeri Pasuruhan 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini termasuk true experimental design atau eksperimen murni.
Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control
group design. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas SD Negeri
Pasuruhan 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.. Teknik sampling
yang digunakan adalah sampling jenuh, terdiri dari 28 siswa kelas A yang
mendapatkan treatment dengan model group investigation, dan 28 siswa kelas B
yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data
dilakukan menggunakan metode tes. Perbedaan pengaruh model group
investigation berbantuan media video terhadap prestasi belajar IPA di hitung
menggunakan Paired Sample t test dengan bantuan SPSS versi 23.0 for Windows.
Berdasarkan pengujian didapatkan nilai thitung sebesar 5,153 dengan ttabel
sebesar 0,367 (thitung > ttabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (signifikansi <
0,05) yang berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara nilai
posttest pada kelompok eksperimen (model group investigation) dan nilai posttest
kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Kesimpulannya model group
investigation memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran ilmu
pengetahuan alam.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si, (0007096412) dan Ari Suryawan, M.Pd, (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Model group investigation, Prestasi Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 03:35 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 03:35 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |