Cholifah, Cholifah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BAHAN ALAM. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0041_ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kemampuan
mengenal pola pada anak Taman Kanak- kanak ABA Tahfidz Al Ashr
Temanggung melalui pembelajaran berbasis bahan alam.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom
action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek
penelitian ini difokuskan pada 3 anak yang memiliki kemampuan mengenal pola
rendah. Variabel yang digunakan adalah variable input, variabel proses dan
variable output,. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
lembar unjuk kerja.Teknis analisis data dalam penelitian ini ini adalah deskriptif
kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis bahan
alam berpengaruh positif terhadap kemampuan mengenal pola pada anak. Hal ini
dibuktikan dengan hasil analisis pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat diketahui
bahwa subyek 1 mengalami peningkatan kemampuan mengenal pola mencapai
87,5 %, subyek 2 meningkat mencapai 71,88% dan subyek 3 mengalami
peningkatan 84,38 %. Berdasarkan prosentase hasil yang diperoleh, dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis bahan alam dapat meningkatkan
kemampuan mengenal pola pada anak.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M. Si. dan Hermahayu, M. Si. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Pola, Pembelajaran Berbasis Bahan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:42
Last Modified: 07 Feb 2025 02:42
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item