Veptianingsih, Veptianingsih (2019) PENGARUH PERMAINAN TUTUP BOTOL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0031 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tutup botol
terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Kelompok
Bermain Mumpuni Pangenjurutengah Kecamatan Purworejo Kabupaten
Purworejo tahun pelajaran 2018-2019.
Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Postest Design.
Teknik sampling penelitian ini menggunakan total sampling dengan subjek
penelitian yaitu seluruh siswa berjumlah 8 anak usia 5-6 tahun Kelompok
Bermain Mumpuni Pangenjurutengah Kecamatan Purworejo Kabupaten
Purworejo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes lisan
kemampuan membaca permulaan anak yang diukur menggunakan 6 indikator
yang dijabarkan ke dalam 8 sub indikator. Teknik analisis data menggunakan
analisis non parametric Wilcoxon dengan bantuan SPSS for windows versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan tutup botol
terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak. Hal ini dibuktikan dengan
pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon
Z hitung sebesar -2,539 dengan probabilitas p= 0,011<0,05 artinya terdapat
perbedaan signifikan kemampuan membaca permulaan pada anak sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan berupa permainan tutup botol. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tutup botol
terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Dede Yudi, S.Pd (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tutup Botol, Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:41
Last Modified: 29 Apr 2019 06:50
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item