Anggraeni, Vira Septi (2019) HUBUNGAN PENDIDIKAN AKHLAK DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 MERTOYUDAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0072_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0401.0072_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0401.0072_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0401.0072_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0072_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview

Abstract

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan yang berjumlah 247 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 49 siswa yang ditentukan dengan cara Simple Random Sampling. Metode penelitian data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengungkapkan variabel pendidikan akhlak di lingkungan keluarga, dokumentasi dan observasi sebagai pendukung untuk mengungkapkan kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistik, untuk mengetahui hubungan pendidikan akhlak di lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan, menggunakan bantuan program computer SPSS 2.1.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak di lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan dari 49 responden, 38% dalam interval kriteria kurang dengan frekuensi 22, 12% dalam interval kriteria cukup dengan frekuensi 7, 21% dalam interval kriteria baik dengan frekuensi 12, dan 14% dalam kriteria sangat baik dengan frekuensi 8. Pendidikan akhlak di lingkungan keluarga siswa dapat di kategorikan kurang, terlihat kategori kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan, dari 49 responden, 37% dalam interval kriteria kurang dengan frekuensi 21, 12% dalam interval cukup dengan frekuensi 7, 17% dalam interval baik dengan frekuensi 10, dan 19% dalam interval sangat baik dengan frekuensi 11. Kecerdasan emosional siswa di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan dapat di kategorikan kurang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag. (0620106605) dan Istania Widayati, S.Pd.I M.Pd.I. (0601118602)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Lingkungan Keluarga, Kecerdasan Emosional, Siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 21 Dec 2019 06:28
Last Modified: 05 Feb 2025 03:23
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item