Utami, Budi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI STRATEGI BELAJAR AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE DI SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0066_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (944kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0066_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0066_LEMBAR PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PAI menggunakan strategi pembelajaran
aktifEveryone Is A Teacher Here pada jenjang kelas VA SDIT Ihsanul Fikri
Kota Magelang Tahun Ajaran 2018/2019.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDIT Ihsanul Fikri dengan
jumlah 29 siswa. Untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan metode
pengumpulan data yaitu melalui tes dan observasi.
Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama
dilakukan KBM dengan strategi pembelajaran aktif Everyone is a Teacher
Here. Melalui strategi ini siswa dikondisikan untuk aktif terlibat dalam KBM.
Siswa aktif mempelajari materi, menjawab pertanyaan, dan menanggapi
jawaban yang disampaikan teman sekelasnya. Pada siklus kedua peneliti
menambahkan perlakuan yaitu pemberian reward bagi siswa yang dapat
menjawab pertanyaan atau memberi tanggapan dengan tepat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
aktif Everyone is a Teacher dapat meningkatkan hasil belajar siswa,
dibuktikan dengan pencapaian nila rata-rata kelas dan persentase ketuntasan
klasikal yang melampaui target yang ditetapkan. Data menunjukkan Setelah
pelaksanaan strategi belajar aktif Everyone is a Teacher terdapat peningkatan
rata-rata kelas 88,78 pada akhir siklus I menjadi 91,48 pada akhir siklus II.
Ketuntasan klasikal juga meningkat dari semula 93,10% pada siklus I
menjadi 96,55% pada akhir siklus II.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman,M.Ag. (0611017101) dan Ahwy Oktradiksa, M.Pd (0602108502)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran PAI, Strategi Belajar Everyone Is A Teacher Here, SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 21 Dec 2019 02:41
Last Modified: 21 Dec 2019 02:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item