Musairi, Musairi (2019) IMPLEMENTASI METODE SOSIO DRAMA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MAPEL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (808kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0401.0078_PERNYATAAN PUBLIKASI .pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan
prestasi belajar siswa dengan pendekatan metode sosio drama pada mata
pelajaran Sejarah kebudayaan Islam pokok bahasan Khullafaur Rasyidin
(Kepemimpinan Islam setelah Rasulullah wafat). Di SMP Muhammadiyah
Borobudur Kabupaten Magelang.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Muhammadiyah
Borobudur Kabupaten Magelang. Adapun sampel penelitian ini sejumlah 23
anak peserta didik kelas VIII A. Metode pengumpulan data dengan cara pre
test dan post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas (PTK). Nilai rata-rata kelas pra tindakan
maupun pasca tindakan siklus I dan siklus II beserta persentase
peningkatannya.
Hasil penelitian menunjukkan respon positif peserta didik terhadap
metode sosio drama dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang
sebelum menggunakan metode tersebut nilai rata- rata kelas diperoleh peserta
didik 7,08. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus 1 mengalami
peningkatan kemampuan pemahaman terhadap materi sejarah kebudayaan
Islam dengan perolehan nilai rata-rata kelasnya 8.04. Atau meningkat sebesar
13,4%. Karena nilai rata-rata kelasnya belum sesuai dengan yang diharapkan
peneliti dikarenakan masih ada sebagian kompetensi yang belum tuntas, maka
dilakukan tindakan siklus I. Pada siklus II tersebut mengalami peningkatan
kemampuan pemahaman materi sejarah kebudayaan Islam, yakni mencapai
nilai rata-rata 8,39 atau meningkat sebesar 17,7% terhadap pra tindakan, dan
13,4% terhadap tindakan siklus I. Berdasarkan pengamatan peneliti pada
kondisi pra tindakan, tindakan siklus I, dan siklus Il tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa metode sosio drama dapat meningkatkan prestasi belajar
peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag (0606017303) dan Andi Triyanto, S.EI, MSI (0622108102) |
Uncontrolled Keywords: | Metode sosio drama, pemingkatan prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 09:12 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:21 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |