Kusmilandari, Uni (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Negeri Ringinanom 2, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (814kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0035_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0035_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0035_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap percaya diri siswa
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Ringinanom 2,
Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang Tahun pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Jenis
penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya pola
One Group Pre Test -Post Test Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-
Mei 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 25 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket percaya diri kemudian
dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT
(Numbered Head Together) berpengaruh terhadap percaya diri siswa dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai ratarata
posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig.
(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran NHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap percaya diri
siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Percaya diri , NHT (Numbered Head Together)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:53
Last Modified: 17 Feb 2025 02:08
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item