Kusmilandari, Uni (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Negeri Ringinanom 2, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (814kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0035_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap percaya diri siswa
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Ringinanom 2,
Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang Tahun pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Jenis
penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya pola
One Group Pre Test -Post Test Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-
Mei 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 25 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket percaya diri kemudian
dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT
(Numbered Head Together) berpengaruh terhadap percaya diri siswa dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai ratarata
posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig.
(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran NHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap percaya diri
siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi. (0606018701) |
Uncontrolled Keywords: | Percaya diri , NHT (Numbered Head Together) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:53 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |