Wahyudi, Aisa (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bansari Bulu Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0029_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (921kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0029_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0029_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0029_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0029_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (502kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
kontekstual berbasis sosiodrama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada
kelas IV SD Negeri 2 Bansari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung Tahun
Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design,
khususnya tipe One Grup Pretest-posttest Design. Pembelajaran kontekstual
berbasis sosiodrama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia pada kelas IV SD Negeri 2 Bansari Bulu yang berjumlah 27 siswa.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh.
Pengumpulan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji non
parametrik yaitu dengan Uji Wilcoxon. Alasan Peneliti menggunakan uji Wilcoxon
dikarenakan subjek yang digunakan berjumlah kecil dan data tidak berdistribusi
normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Kontekstual berbasis
sosiodrama dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa
Indonesia. Pada pengukuran awal diperoleh skor pengukuran awal rata – rata 57,
nilai minimal 37, maksimal 75. Selanjutnya diberi perlakuan menggunakan
pembelajaran kontekstual berbasis sosiodrama dan dilakukan pengukuran kembali
diperoleh skor rata – rata sebesar 79, nilai minimal 77 dan nilai maksimal 95. Uji
hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah .000 < 0,05 dan Z skor
sebesar -4.543 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa”Pembelajaran
Kontekstual Berbasis Sosiodrama terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di
Sekolah Dasar Negeri 2 Bansari Bulu dapat diterima dan terbukti kebenarannya
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. (0007096412) dan Ari Suryawan, M.Pd. (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual Berbasis Sosiodrama , Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:40 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 04:40 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |