Astuti, Puji (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DENGAN MEDIA WAPRES (WAYANG EKSPRESI) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ngadirojo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0024_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
TANDUR dengan Media WAPRES (Wayang Ekspresi) terhadap keterampilan
berbicara Siswa kelas V SD Negeri Ngadirojo, Secang, Magelang. Jenis penelitian
eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, khususnya pola
Quasi Experimental Design. Model pembalajaran TANDUR dengan Media
WAPRES (Wayang Ekspresi) terhadap ketrampilan berbicara siswa kelas V di SD
Negeri Ngadirojo, Secang, Kabupaten Magelang berjumlah 20 siswa untuk kelas
eksperiment dan kelas kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan
menggunakan angket dan lembar observasikemudian dianalisis menggunakan uji nonparametrik
dengan uji Mann Whitney U.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TANDUR
dengan media WAPRES (Wayang Ekspresi)berpengaruh terhadap keterampilan
berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest
dibantingkan dengan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh asymp.sig. (2-
tailed) adalah 0,000<0,05. Hasil dan pembahasan juga menunjukkan terdapat
berbedaan rata-rata hasil akhir posttest kelas eksperimnet sebesar 85.05 dankelas
kontrol sebesaar 68.45 Juga terdapat perbedaansehingga dapat disimpulkan bahwa
model TANDUR dengan media WAPRES (Wayang Ekspresi) berpengaruh terhadap
keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Ngadirojo, Kabupaten Magelang

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TANDUR dengan Media WAPRES (Wayang Ekspresi), Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:38
Last Modified: 06 Feb 2025 07:13
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item