Astuti, Puji (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DENGAN MEDIA WAPRES (WAYANG EKSPRESI) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Ngadirojo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (488kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0024_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0024_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0024_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
TANDUR dengan Media WAPRES (Wayang Ekspresi) terhadap keterampilan
berbicara Siswa kelas V SD Negeri Ngadirojo, Secang, Magelang. Jenis penelitian
eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, khususnya pola
Quasi Experimental Design. Model pembalajaran TANDUR dengan Media
WAPRES (Wayang Ekspresi) terhadap ketrampilan berbicara siswa kelas V di SD
Negeri Ngadirojo, Secang, Kabupaten Magelang berjumlah 20 siswa untuk kelas
eksperiment dan kelas kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
pada penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan
menggunakan angket dan lembar observasikemudian dianalisis menggunakan uji nonparametrik
dengan uji Mann Whitney U.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TANDUR
dengan media WAPRES (Wayang Ekspresi)berpengaruh terhadap keterampilan
berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest
dibantingkan dengan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh asymp.sig. (2-
tailed) adalah 0,000<0,05. Hasil dan pembahasan juga menunjukkan terdapat
berbedaan rata-rata hasil akhir posttest kelas eksperimnet sebesar 85.05 dankelas
kontrol sebesaar 68.45 Juga terdapat perbedaansehingga dapat disimpulkan bahwa
model TANDUR dengan media WAPRES (Wayang Ekspresi) berpengaruh terhadap
keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Ngadirojo, Kabupaten Magelang
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran TANDUR dengan Media WAPRES (Wayang Ekspresi), Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:38 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:13 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |