Aningsih, Anisa Triasti (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC DENGAN MEDIA PURAWA (PUZZLE AKSARA JAWA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN Medari Ngadirejo Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (569kB) | Preview |
Abstract
Menulis aksara Jawa merupakan salah satu pembelajaran yang sulit bagi
sisiwa, sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan
keterampilan menulis aksara Jawa rendah, oleh hal itu penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA
(Puzzle Aksara Jawa) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa pada siswa
kelas IV di SD Negeri Medari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung
Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group
Design, khususnya pola Quasi Experimental Design. Pembelajaran CIRC dengan
Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) terhadap ketrampilan menulis Aksara
Jawa pada siswa kelas IV di SD Negeri Medari berjumlah 30 siswa sebagai kelas
eksperimen, sedangkan siswa kelas IV di SD Negeri Karanggedong berjumlah 30
siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling
jenuh. Pengumpulan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan Uji
One Way Anova dengan IBM SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CIRC dengan Media
PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) berpengaruh terhadap keterampilan menulis
Aksara Jawa. Dibuktikan dengan hail analisis uji One Way Anava pada tes dengan
nilai probabilitas yang diperoleh pada tingkat signifikansi 0,05, nilai F hitung =
45.584 > F0,05 (3;116) sebesar 2.68. Sedangkan hasil observasi dengan analisis
One Way Anova diperoleh probabilitas nilai signifikansi F hitung = 45.584 > F0,05
(3;116).
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Galih Istiningsih, M.Pd, (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa), Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:37 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 06:48 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |