Cahyadamayanti, Lasmini Putri (2019) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0016_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (800kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0016_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0016_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0016_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0016_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika dan faktor
penghambat kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD Negeri Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa, dan
melebar ke guru, dan orang tua siswa kelas I SD Negeri Girirejo. Lokasi
penelitian di SD Negeri Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang.
Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling
dengan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan
data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis
data menggunakan model analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dinamika yang dialami oleh
siswa pada saat pembelajaran membaca permulaan meskipun perubahanya secara
fluktuatif tegantung dari minat siswa terhadap bahan bacaan. Hal ini dikarenakan
terdapat faktor penghambat kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran
bahasa Indonesia baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Faktor internal
yaitu : (1) kondisi fisik, (2) kognitif, dan (3) minat. Faktor yang berasal dari luar
siswa yaitu (1) Lingkungan Keluarga terdiri dari latar belakang pengalaman siswa
dan kondisi sosial ekonomi siswa (2) lingkungan sekolah meliputi cara mengajar
guru, sarana dan prasarana, serta program sekolah yang menunjang
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr Riana Mashar, M.Si,Psi (0614107401) dan Agristo Bintang A.P, M.Pd (0605078801) |
Uncontrolled Keywords: | faktor penghambat, kemampuan membaca, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:37 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:18 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |