Wahyuningsih, Ema (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN ALAT PERAGA RODA PINTAR(Penelitian pada Siswa Kelas II SDN Danupayan Bulu Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika materi bangun datar pada siswa kelas II dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dan alat peraga roda pintar di SDN Danupayan Bulu, Kabupaten Temanggung.
Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek PTK adalah siswa kelas II SDN Danupayan yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. PTK ini terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa.
Teknis analis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, data kuantitatif didapatkan dari tes tertulis, sedangkan data kualitatif didapatkan dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, ditunjukan dengan peningkatan nilai rata-rata di setiap siklus. Nilai rata-rata siklus I yaitu 73 dengan persentase ketuntasan 47%, sedangkan rata-rata nilai siklus II yaitu 81 dengan persentase ketuntasan 88%. Demikian, penggunaan alat peraga roda pintar dikolaborasikan dengan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi bangun datar kelas II SDN Danupayan Bulu, Kabupaten Temanggung

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Rasidi M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, Kontekstual, alat peraga roda pintar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:23
Last Modified: 13 Feb 2025 02:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item