Wijayanti, Dheny Asti (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngipik Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0006_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0006_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0006_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0006_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0006_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pembelajaran
Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Keterampilan
Menulis Puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ngipik Kabupaten
Temanggung.
Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimen design tipe one group
pretest-posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Subjek dalam
penelitian ini adalah sampel jenuh atau sampel total yaitu dengan melibatkan
seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ngipik yang berjumlah 24 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes. Uji validitas
instrumen penilaian tes, dilakukan dengan menggunakan validasi ahli (expert
judgement). Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.
Analisis data yang digunakan menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji
Paired Sample T-Test dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 23.
Kesimpulan Hasil hitung data dengan uji Paired Sample T-Test memperoleh
nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan ttab = 2,064 > thit = -10.664. Berdasarkan hasil
analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest adalah 54,2, sedangakan nilai
posttest adalah 75,20. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh
terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd, Kons (0008015701) dan Ahmad Syarif, M.Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), keterampilan menulis puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:32
Last Modified: 19 Dec 2019 04:32
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item