Kulsum, Siti Umi (2019) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Penelitian Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru Kelas di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (879kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0005_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0005_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0005_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) analisis penggunaan
media pembelajaran, (2) daya dukung penggunaan media pembelajaran, dan (3)
hambatan penggunaan media pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013
di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Sumber data dalam penelitian adalah guru sebagai narasumber utama dan melebar
ke siswa, kepala sekolah, wali murid dan komite. Lokasi penelitian di SD N
Tembarak dan SD N Greges 2 Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung.
Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling
Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji
keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik serta
menggunakan bahan referensi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif
dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Penggunaan media
pembelajaran oleh guru kelas di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak
Kabupaten Temanggung yang meliputi perencanaan penggunaan media
pembelajaran (access, cost, technology dan novelty), pelaksanaan penggunaan
media pembelajaran (interactivity) dan evaluasi penggunaan media pembelajaran
(organization) belum optimal. (2) Faktor yang mendukung dalam penggunaan
media pembelajaran di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten
Temanggung meliputi ketersediaan media pembelajaran yang mudah diakses dan
dukungan warga sekolah yang mendukung. (3) Sedangkan kendala yang dialami
dalam penggunaan media pembelajaran di SD N kelas rendah Kecamatan
Tembarak Kabupaten Temanggung berupa kecenderungan guru dalam
menggunakan media cetak dan keterbatasan waktu.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd. (0601098303)
Uncontrolled Keywords: implementasi Kurikulum 2013, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:15
Last Modified: 14 Feb 2025 07:11
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item