Khadzik, Muhamad (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS (Penelitian pada Siswa Kelas 5 MI Al-Huda Ngendrokilo, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0051_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (993kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0051_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0051_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0051 PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0051_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis
pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Ngendrokilo, Kecamatan
Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental dengan desain
One Grup Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa dengan 5
perempuan dan 16 laki-laki. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa,
sedangkan teknik yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Uji instrumen menggunakan uji
validasi dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data menggunakan uji t-tes
(Paired Sample T-test) dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis
pada pokok bahasan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus
dan balok, pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Ngendrokilo,
Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Hal ini dibuktikan dengan bukti
skor pretest 5,1 sedangkan skor posttest 6,8. Data dilakukan uji prasyarat dengan
normalitas yang hasilnya normal. Berdasarkan analisis data terdapat perbedaan
rata-rata pretest sebelum diberikan perlakuan. Diperoleh nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan ada pengaruh.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. Psi. (0611098203) dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd. (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:13
Last Modified: 13 Feb 2025 07:08
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item