Arti, Intan Deang (2018) PENGARUH PUZZLE INTERAKTIF TERHADAP WORKING MEMORY ANAK USIA DINI(Penelitian pada Siswa Kelas B Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Bumirejo kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (706kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh puzzle interaktif
terhadap working memory anak pada anak kelas B di BA Aisyiyah Bumirejo
Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang.
Penelitian ini dilakukan dengan desain eksperimen One Group Pretest-
Posttest Design. Metode yang dilakukan dengan menggunakan metode tes.
Metode tes adalah suatu teknik pengukuran yang di dalamnya terdapat berbagai
pertanyaan, pernyataan atau serangkian tugas yang harus dikerjakan atau di jawab
oleh responden. Subyek penelitian dipilih secara total sampling, Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 20 anak. Pengambilan kesimpulan dalam menganalisis
data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank
Testprogram SPSS For Windows Versi 23,00.
Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh puzzle interaktif
terhadap working memory pada anak usia dini. Skor penilaian tes dengan
menggunakan buku pic the picture games dianalisis dengan menggunakan metode
statistic non parametric bantuan program SPSS for Windows Versi 23.00. Data
pretest skor minimum sebesar 20, skor maksimum sebesar 26, rata-rata pretest
sebesar 23,35. Dan data posttests kor minimum sebesar 24, skor maksimum
sebesar 28, rata-rata posttest sebesar 26,65 yang memberikan pengertian bahwa
ada peningkatan antara data pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji beda
peningkatan skor kemampuan working memory anak usia dini antara tes awal dan
tes akhir diperoleh hasil nilai Z sebesar -3,855 dengan sing (2-tailed) = 0,00
<0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan working memory anak usia dini
antara tes awal (pretest) dengan tes akhir (posttest) secara signifikan. Sehingga
dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh puzzle interaktif terhadap
working memory anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi dan Hermahayu, M.Si (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Puzzle Interaktif, Working Memory Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 27 Apr 2019 03:10 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:18 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |