UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Sukomulyo Kecamatan Kajoran)

Astuti, Retno (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Sukomulyo Kecamatan Kajoran). Other thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0071_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Puput Mukharomah.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0071_COVER_BAB IV - Puput Mukharomah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0071_COVER_LAMPIRAN - Puput Mukharomah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0071_FULLTEXT - Puput Mukharomah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0071_COVER_REPOSITORY - Puput Mukharomah.pdf - Published Version

Download (172kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Sukomulyo Kecamatan Kajoran. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode tes dan observasi. Suubjek dalam penelitian ini adalah 11 siswa kelas V SD Negeri Sukomulyo Kecamatan Kajoran. Teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes ditujukan kepada siswa yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep IPA. Observasi mengamati ketrampilan guru saat mengajar mulai dari kegiatan apresiasi sampai dengan penutup. Observasi mengamati kegiatan siswa untuk mengamati siswa dalam proses pembelajaran dan observasi pelaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning digunakan untuk mengamati ja;annya pelaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jika model discovery learning yang diterapkan dapat berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Hal ini terbukti bahwa model discovery learning membuat siswa memahami konsep IPA yang ada dalam materi cahaya. Dibuktikan dengan hasil penelitian yang meningkat dari pra siklus ( 65,55 % ) , siklus 1 ( 73,27 % ) dan siklus 2 ( 82, 91 % ).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Septiyati Purwandari, M.Pd dan Ari Suryawan, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, pemahaman konsep IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:20
Last Modified: 06 Jun 2024 07:20
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item