PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGE-LANG

Sari, Vina Puspita (2023) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN MAGE-LANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0057_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Vina Puspita.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0057_COVER_BAB IV - Vina Puspita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0057_COVER_LAMPIRAN - Vina Puspita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0057_FULLTEXT - Vina Puspita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0057_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Vina Puspita.pdf - Published Version

Download (236kB)

Abstract

Pembelajaran dengan metode saintifik memiliki beberapa karakteristik diantaranya berpusat pada siswa, melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, dan dapat mengembangkan karakter siswa. Motivasi merupakan unsur penting di dalam membantu proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintifik dan motivasi belajar PAI, serta seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar PAI siswa SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang penerapan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang (15 %) menyatakan penerapan pendekatan saintifik sangat baik, (37,142 %) menyatakan penerapan pendekatan saintifik baik, (20,714 %) menyatakan penerapan pendekatan saintifik cukup, (20,714 %) menyatakan penerapan pendekatan saintifik kurang, dan (6,428 %) menyatakan penerapan pendekatan saintifik sangat kurang, (2) Motivasi belajar PAI siswa SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang (18,571 %) memiliki motivasi belajar PAI sangat baik, (49,285 %) memiliki motivasi belajar PAI baik, (23,571 %) memiliki motivasi belajar PAI cukup, (5,714 %) memiliki motivasi belajar PAI kurang, dan (2,857 %) memiliki motivasi belajar PAI sangat kurang, (3) Hasil analisis regresi linear seder-hana memperoleh nilai signifikan 0,000 < probabilitas () 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang mana disimpulkan bahwa pendekatan saintifik ber-pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI siswa SMA Negeri 1 Dukun Kabupaten Magelang. Besarnya pengaruh adalah sebesar 17 % dengan nilai R 0,412 sedangkan sisanya yakni 83% dipengaruhi faktor lain

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:02
Last Modified: 06 Jun 2024 07:02
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item