PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE TERHADAP KEMANDIRIAN MENGURUS DIRI PADA ANAK USIA DINI(Penelitian di KB ‘Aisyiyah Budi Mulia Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang)

Larasati, Tiara Dewi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE TERHADAP KEMANDIRIAN MENGURUS DIRI PADA ANAK USIA DINI(Penelitian di KB ‘Aisyiyah Budi Mulia Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0304.0013 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (900kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0013 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0013 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0013 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Practical Life terhadap kemandirian mengurus diri anak usia dini di KB ‘Aisyiyah Budi Mulia Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experimental Design) dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Subjek Penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 16 anak terdiri dari 8 anak kelompok eksperimen dan 8 anak kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemandirian mengurus diri anak usia dini. Uji validitas instrumen lembar observasi kemandirian mengurus diri anak usia dini dilakukan dengan menggunakan Profesional Judgment. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu Uji mann-withney dengan bantuan SPSS for windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Practical Life berpengaruh positif terhadap kemandirian mengurus diri anak usia dini. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji mann-withney pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol memiliki nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran practical life terhadap kemandirian mengurus diri anak usia dini. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Practical Life berpengaruh positif terhadap kemandirian mengurus diri anak usia dini.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons dan Hermahayu, S.Psi. M.Si (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran practical life, kemandirian mengurus diri anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Soffa KIM
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:27
Last Modified: 25 Apr 2019 04:27
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item