PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA “BAKTIF” TERHADAP KEAKTIFAN SISWA

Rifa’i, Vinawatik (2019) PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA “BAKTIF” TERHADAP KEAKTIFAN SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0080_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0080_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0080_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0080_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0080_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Discovery Learning dengan media BAKTIF terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sawitan Mungkid Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (one groub pretes postes) dengan model Pretes Postes Control Groub Design. Subjek penelitian dipilih satu kelas. Sempel yang diambil sebanyak 20 siswa sebagai kelas control dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan belajar. Uji validitas instrument angket keaktifan belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS For Windowsversi 24.00.Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametik yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS For Windows versi 24.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Discovery Learning berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (1-tailed) 0,000 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket keaktifan belajar antara Post Testsebesar 87,95% lebih meningkat dari pada awal pembelajaran hanya digunakan sebagai Pre Test saja mendapatkan 80,8%. Hasil dari penelitian yaitu adanya peningkatan sejumlah 7,45%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan model Discovery Learningdengan media Baktif berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu,MSi.,Psi dan M.A Noviudin Pritama, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Media Baktif, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:24
Last Modified: 25 Apr 2019 04:24
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item