PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN FLANEL CERITA

Kristanti, Tia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN FLANEL CERITA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0001_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0001_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0001_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Role Playing dengan Flanel Cerita (Penelitian pada siswa SDN Cacaban 1 Kota Magelang). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pembelajaran role playing dengan flanel cerita. Subyek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yang terdiri tiga pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran role playing dengan flanel cerita. Hasil Pra tindakan ratarata 53,63 dengan ketuntasan klasikal 23,33% dan nilai dibawah KKM 76,67%. Hasil Siklus 1 rata-rata 66,73 dengan ketuntasan klasikal 66,33% dan nilai dibawah KKM 36,67%. Hasil Siklus 2 rata-rata 78 dengan ketuntasan klasikal 93,33% dan nilai dibawah KKM 6,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran role playing dengan flanel cerita dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si., dan Ahmad Syarif, M.Or. (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: model Role Playing, hasil belajar IPS, flannel cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:21
Last Modified: 25 Apr 2019 04:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item