PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA MONOPOLI EDUKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ningsih, Siti Lestari (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA MONOPOLI EDUKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0019_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0019_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0019_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0019_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0019_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achivement Division dengan media monopoli edukasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada Kelas III SD Negeri Sawitan, Mungkid, Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimental Design) dengan model Nonquivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara Nonprobability Sampling model sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa yang terdiri dari Kelas III A sebanyak 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan Kelas III B sebanyak 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes hasil belajar matematika. Selanjutnya analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Independent T-test dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achivement Division berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji-t yang menunjukkan = 2,312 dan = 2,024 dengan df = 38 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian > (2,312 > 2,024) maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dengan media monopoli edukasi berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa Kelas III SD Negeri Sawitan Mungkid Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd.Kons dan Galih Istiningsih,M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD, Media Monopoli Edukasi, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:19
Last Modified: 25 Apr 2019 04:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item