Hajar, Siti (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA PUMATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0078_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (835kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0078_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0078_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0078_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0078_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (85kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media puzzle match time (PUMATI) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi bilangan jam kelas V di SD N Paremono kecamatan Mungkid. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen berbentuk True experimental Design Type Pre test – Post test Control Group Design dengan satu macam perlakuan yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelompok eksperimen dan 26 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan Shapiro- Wilk dan uji homogenitas dengan menggunakan Levene Statistic. Teknik analisis data menggunakan Statistic Nonparametric Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PUMATI berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika materi bilangan jam. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Statistic Nonparametric Mann Whitney pada kelompok eksperimen didapatkan nilai sig sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05). Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata – rata hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen sebesar 88,23 dan kelompok kontrol sebesar 76,27. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media PUMATI memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Additional Information: | Dra. Indiati, M.Pd.dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Puzzle Match Time, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya KIM |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 04:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2019 04:18 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/92 |
Actions (login required)
View Item |