Anggraeni, Titin (2019) PENGARUH REPUTASI AUDITOR, REPUTASI UNDERWRITER DAN KONDISI EKONOMI MAKRO TERHADAP UNDERPRICING. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0102.0215_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (868kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0102.0215_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0102.0215_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0102.0215_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF
15.0102.0215_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (146kB) | Preview |
Abstract
Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan perdana. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return. Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika masuk pasar sekunder. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relatif terlalu murah dibandingkan harga dipasar sekunder.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh reputasi auditor, reputasi underwriter dan kondisi ekonomi makro (suku bunga, inflasi dan nilai tukar) terhadap underpricingyang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposivesamplingterhadap 128 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi auditortidak berpengaruh terhadap underpricing. Hasil reputasi underwriter berpengaruh negatif dan signifikan terhadap underpricing.Tingkat suku bunga tidak berpengaruh terhadap underpricing. Inflasi tidak berpengaruh terhadap underpricing. Sedangkan nilai tukar berpengaruh positif terhadap underpricing. Adapun besarnya adjusted R2 yaitu 0,325 yang berarti underpricing dijelaskan oleh variabel independen sebesar 32,5% dan sisanya sebesar 67,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Muhammad Al Amin, SE., M.Si(0617097201) |
Uncontrolled Keywords: | Reputasi Auditor, Reputasi Underwriter dan Kondisi Ekonomi Makro. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 07 Dec 2019 04:01 |
Last Modified: | 07 Dec 2019 04:01 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/835 |
Actions (login required)
View Item |