PENGARUH AUTHENTIC LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH IPA

Anggraeni, Mira Natika (2019) PENGARUH AUTHENTIC LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0087_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0087_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0087_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0087_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0087_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Aunthentic Learning Berbasis Lingkungan terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah IPA. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, kelompok eksperimen terdiri dari 24 siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran Aunthentic Learning Berbasis Lingkungan dan kelompok kontrol terdiri dari 24 siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis parametric one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Aunthentic Learning Berbasis Lingkungan berpengaruh dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah IPA siswa kelas V SDN 3 Temanggung

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si. Kons. dan Rasidi, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Aunthentic Learning, berpikir kritis, memecahkan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:59
Last Modified: 25 Apr 2019 03:59
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item