PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA PUZZLES PICTURE GAME

Irfan, M. Zaenul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA PUZZLES PICTURE GAME. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0074_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0074_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0074_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0074_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0074_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan media puzzle picture game dalam pembelajaran IPA pada materi “Fungsi Alat Tubuh Manusia Manusia” di kelas V SD Negeri Banyuwangi 2 Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari beberapa siklus yang terdiri dari pra siklus yaitu pengamatan sebelum tindakan, siklus I terdiri dari perencanaan I, tindakan dan observasi I. Siklus II terdiri dari perencanaan II, tindakan dan observasi II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe kooperatif dengan media puzzles picture game dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Banyuwangi 2 Bandongan Magelang. Hal tersebut karena dalam pelaksanaannya, penelitian ini memperhatikan cara-cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya memberikan nilai atas pekerjaan siswa memberikan kompetisi melalui permainan puzzles dan memberikan pujian kepada siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Pembelajaran melalui metode aktif tipe kooperatif dalam mapel pokok alat pernafasan manusia dan hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga > 75 % siswa tuntas. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas pada kondisi awal atau pra tindakan hanya sebesar 60,21 dengan presentase ketuntasan 29,17%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 66,21 atau 54,17% dan meningkat lagi menjadi 80,00 pada siklus II ketuntasan mencapai 91,67% dan anak mengalami peningkatan hasil belajarnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Dhuta Sukmarani, M.Si (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle Picture Game, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:49
Last Modified: 25 Apr 2019 03:49
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item View Item